Dalang Fakultas Ilmu Budaya UGM Berkiprah di Malaysia

29 November 2014 | Admin UGM INDO
caption

Drs. Eddy Pursubaryanto, M.Hum. – staf Jurusan Sastra Inggris FIB-UGM – diundang untuk mendalang Wayang Kancil di Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI), Tanjong Malim, Malaysia untuk memeriahkan malam kesenian dalam rangka “The 1st International Music and Performing Arts Conference (IMPAC) yang dilangsungkan tanggal 19-21 November 2014. Iringan wayang dengan gamelan Jawa oleh para mahasiswa Faculti Muzik dan Seni Persembahan UPSI yang diasuh oleh Mayco Santaella, salah seorang dosen di Fakultas itu. Pertunjukan berlangsung di Panggung Budaya pada tanggal 19 November 2014 malam. Cerita yang dibawakan adalah ‘The Power Play’.

Eddy juga diminta memberi satu presentasi tentang Wayang Kancil. yang diadakan oleh Faculti Muzik dan Seni Persembahan pada tanggal 17 November 2014 yang dihadiri oleh para mahasiswa dan dosen. Kuliah ini merupakan presentasi bulanan yang bertajuk Talk, Play, Think (TPT). Presentasi ini berisi demonstrasi musik dan seni pertunjukan oleh staf dosen, pembicara tamu, atau praktisi seni profesional. Presentasi dalam TPT diharapkan menjembatani gap antara teori dan praktek, antara akademisi dan praktisi. TPT merupakan upaya agar berbagai pengetahuan dapat di dapat melalui <em>academic setting.

Pada tanggal 18 November 2014, Eddy diminta oleh Fakulti Pendidikan dan Pembangunan Manusia UPSI untuk memberi Workshop Wayang Kancil dengan tema “Making Your Own Puppets”. Workshop ini dihadiri oleh sejumlah mahasiswa (calon guru) jurusan tersebut dan para guru sekolah. Dalam workshop tersebut para peserta diajar membuat wayang dua dimensi dengan tokoh-tokoh binatang yang digunakan dalam Wayang Kancil. Dr. Loy Che Luen (dosen Pendidikan Awal Kanak-kanak) sebagai koordinator workshop mengatakan bahwa workshop ini memberikan alternatif kepada para peserta untuk menciptakan sendiri visual aids untuk mengajar murid-murid mereka.

Kirim Komentar