Kuliah Umum English Days 2015: Romeo and Juliet through The Ages

10 January 2016 | mahasiswa UGM
caption

English Days merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh mahasiswa Sastra Inggris UGM untuk memeringati Dies Natalis Sastra Inggris. Acara ini biasanya digelar setiap akhir tahun.

Tahun 2015 ini English Days mengusung tema Surviving Old, yaitu karya-karya sastra klasik yang masih eksis dan dikenal oleh masyarakat masa kini. Untuk mempersempit tema, diambillah sebuah drama karya William Shakespeare, Romeo & Juliet. Karya yang ditulis beberapa ratus tahun silam ini masih sering diperbincangkan, bahkan masih menjadi inspirasi dan masih terus diadaptasi ke dalam teater, film, dan cerita-cerita masa kini.

Terdapat dua rangkaian acara English Days 2015, yaitu kuliah umum dan malam puncak. Kuliah umum ini diadakan pada hari Senin, 5 Oktober 2015 di Pusat Peneitian Bahasa UGM. Seminar ini dihadiri oleh mahasiswa Sastra Inggris UGM dan beberapa mahasiswa dari berbagai universitas di Yogyakarta. Tema yang diusung adalah Romeo & Juliet Through the Ages  dengan pembicara Dr. William Peterson, seorang staf pengajar di Department of Drama Flinders University, Australia.

Dr. Will Petterson yang mendalami dunia drama menjelaskan karakter-karakter yang ada di dalam Romeo and Juliet dan memberikan contoh bagaimana memerankan karakter tersebut dalam sebuah pertunjukkan. Meskipun berlangsung hanya dalam hitungan jam tetapi seminar ini dapat menjadi pengantar yang baik karena dapat menjelaskan kenapa Romeo and Juliet karya William Shakespeare merupakan karya yang tak lekang oleh waktu.

Kirim Komentar